Dampak Buruk Junk Food untuk Kesehatan Tubuh

Dampak Buruk Junk Food untuk Kesehatan Tubuh


       Junk food (makanan sampah yang hanya padat kalori) makanan ini  disebut makanan instan atau makanan cepat saji yang kini telah berkembang pesat di persaingan perusahaan makanan di Indonesia .makanan cepat saji dinilai sebagian orang lebih efektif terhadap waktu dan mudah di temukan , tak hanya itu saja ,makanan ini sangat gampang sekali diolah secara peraktis tanpa menunggu waktu yang lama, serta memiliki cita rasa yang lezat ditambah lagi harga terjangkau .
       Makanan cepat saji  sudah lama mengundang kontroversi di Negara kita karena terungkapnya beberapa dampak buruk yang ia miliki,karena makanan ini mengandung beberapa zat adiktif untuk mengawetkan dan memberikan cita rasa yang lezat berupa lauk pauk dalam kemasan , mie instan, nugget,seblak,bakso dan juga corn flakes sebagai makanan untuk sarapan.  Dan makanan ini merupakan makanan berbahaya apabila di konsumsi secara berlebihan  karena  mengakibatkan tumbuhnya kanker dalam darah yang berakibat fatal ,hal ini di karnakan junk food mengandung zat adiktif dan micin serta garam yang sangat tinggi zat kalorinya , selain zat adiktif junk food juga mengandung gula buatan yang sangat tidak baik bagi kesehatan,karena bisa menyebabkan penyakit  diabetes,kerusakan gigi, dan obesitas.
       Makanan junk food memang tergolong banyak diminati seagian besar orang karena sangat cepat mengenyangkan dan cara yang super praktis,apalagi sekarang di lingkungan sekitar rumah pun banyak yang menawarkan junk food dengan harga yang sangat murah. Walaupun makanan junk food ini sangat berbahaya untuk masyarakat yang mengkonsumsinya tertapi junk food juga membantu memudahkan konsumen untuk dapat melepaskan rasa lapar dan rasa ingin segera membeli  makanan  tanpa harus menunggu lama. Tetapi para masyarakat yang mengkonsumsi makanan cepat saji harus menyadari resikonya,karena makanan cepat saji tidak semua menyehatkan dan tidak semua memiliki gizi yang baik. Maka jika sering mrngkonsumsi makanan cepat saji sebaiknya diperhatikan pola hidup yang baik agar tetap sehat. Dan jangan mengonsumsi makanan junk food secara berlebihan.


Data Biografi:
Penulis : Mamduha
Program : Pendidikan Agama Islam
Institut: UIN smh Banten

Anda mungkin menyukai postingan ini